Rabu, 19 September 2012

Bulan Ramadhan,Bulan Penuh Berkah Istimewa

Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Berkah Istimewa

Ditulis oleh Ayub N Adiputra. Pada hari Sabtu, 13 Agustus 2011
Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Berkah
Umat muslim manapun pasti pernah mendengar suar bahwa Bulan Puasa atau Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bukan berarti bulan yang lain nggak ada berkahnya, tetep ada. Hanya saja ada beberpa keistimewaan bulan Ramadhan yang tidak ada di bulan lainnnya.

Anda mungkin sudah sering mendengar ceramah dari Ustad tentang berkah dan keistimewaan bulan Ramadhan. Nah, kali ini saya akan sedikit memberikan alasan saya menyebut bulan ini adalah bulan penuh berkah. Setidaknya hal ini memang berlaku untuk saya. Jadi yang nggak mau baca saya harap Anda harus membaca tulisan ini. Kalau tetep nggak mau, saya nggak akan memaksa kok, beneran deh enggak (sambil nangis dan ngemis biar dibaca). Daripada makin nyeleneh ya sudah, cekidot saja lah :

1.  Beraneka ragam pilihan makanan.
Bayangin saja, kalau hari biasa makan di rumah isinya cuma nasi, lauk sama sayur. Sekarang kalau makan malam dan sahur sudah ada pilihan. Tak hanya yang pokok, lengkap dengan jajanan, es serta buah-buahan. Yang kerennya lagi pasti ada kurma sama sirup. Jarang banget bisa makan kurma dan minum sirup kayak begini. Kalau begini yang melakukan diet ketat gue jamin bakalan gagal total !!! Mana ada yang tahan coba ???

2.  Rame dan banyak orang yang kumpul.
Bayangkan, kalau lagi terawih berapa orang yang ngumpul ? Banyak banget kan !!! Serasa kampung dan perumahan mendadak jadi pasar tiban dari menjelang buka sampai malam hari. Mulai dari suara Adzan, takbir terawih, lanjut tadarus, sampai bocah kurang kerjaan yang ngerakit mercon buat diledakin di depan rumah gue (dasar bocah set** @#$%*%(^*!!!*%!! :e). Nggak kebayang juga temen-temen yang ngajakin main PS dan Billiard habis terawih sambil nunggu sahur. Bener-bener rame, nggak bakalan mati kutu kalau lagi bulan Ramadhan !!!

3.  Bulan penuh ibadah.
Bulan Ramadhan ini bener-bener bulan yang penuh dengan ibadah setiap hari. Bayangkan kalau di bulan lain nggak ada yang namanya terawih dan tadarus habis sholat Ashar serta Isya. Nggak ada yang bela-belaiin jauh-jauh dan capek-capek ke Mesjid buat sholat jamaah. Cuma bertahan sebulan kok, kan rajin ibadahnya nya cuma di bulan Ramadhan (mirip banget sama yang lagi nulis).

4.  Bulan dengan pahala yang berlipat dengan sebuah malam istimewa.
Nah, sudah ada yang tahu belum kalau ada malam Lailatul Qadar di bulan puasa? Itu lho, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Yang memiliki ciri tertentu seperti yang sudah di sabdakan Rasulullah SAW (ciri-cirinya cari di Google ya gan, gue takut salah). Malam itu terjadi di hitungan ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Bayangkan kalau kita bisa mendapat malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut. Maka ganjaran pahala berlipat telah menanti di depan kita. Selain itu amalan sunnah di bulan Ramadhan juga memiliki ganjaran yang sangat banyak.

5.  Waktu di bulan Ramadhan serasa sangat panjang.
Bayangin di bulan puasa waktu serasa sangat panjang bukan. Waktu nunggu buka puasa saja, ngerasanya jam dinding nggak jalan-jalan (sampai berpikir, apa rusak nih jam, daritadi jam 4 sore terus ? ) Apalagi yang lagi libur kuliah. Habis sahur masih ada waktu sampai waktu tidur (ehemm...maaf, maksud saya sholat Subuh). Mau buka juga biasanya masih ada waktu luang. Habis terawih biasanya pada melek dan begadang sampai pagi. Ya walaupun sebenarnya tidurnya diganti siang. Nggak masalah !!! Yang penting nggak batal. (alasan yang nggak jelas, ngeles dan jangan ditiru ya).

6.  Terus kalau tidur siang waktu puasa bagaimana ? Ibadah atau bukan ?
Nah, ini dia bagian yang ragu untuk saya masukkan. Memang ada hadis yang mengatakan kalau tidurnya orang puasa itu adalah ibadah. Tapi beberapa ulama juga menganggap hadis ini palsu karena perawi hadisnya adalah orang yang dusta atau terkenal sebagai orang yang dha’if. Mungkin Om Goolge dan ustad terdekat Anda bisa menerangkan hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar