Jumat, 01 November 2013

Patung Salju Karya Indonesia Menang di Jepang



Kompetisi ini berlangsung pada tanggal 5 sampai 8 Februari 2013 di Sapporo, Jepang. Seperti termuat dalam rilis yang diterima Kompas.com, tim Indonesia mempersembahkan pahatan salju yang bertema "Penari Oleg Tambulilingan" Bali. Oleg yang artinya gerakan yang lemah gemulai, sedangkan tambulilingan berarti kumbang pengisap madu bunga.


Tari Oleg Tambulilingan melukiskan gerak-gerik seekor kumbang, yang sedang bermain-main dan bermesra-mesraan dengan sekuntum bunga di sebuah taman. "Penari Bali" ini dinilai memiliki tingkat kesulitan dan kerapihan yang tinggi. Selain itu juga dipandang mampu menggambarkan keindahan budaya Indonesia sehingga dianugerahi Juara Ketiga tingkat dunia. Juara Pertama diraih oleh Thailand disusul oleh Finlandia sebagai Juara Kedua.

Dalam kompetisi tersebut Tim Indonesia harus berjuang menyelesaikan patung mereka dengan melawan cuaca beku bahkan badai salju, terutama ketika menjelang hari terakhir kompetisi. Kompetisi diikuti 11 tim dari berbagai negara termasuk Amerika Serikat dan Selandia Baru ini. Menurut Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Muhammad Lutfi dan Konsul Kehormatan Indonesia di Jepang, Masatsugu Sasaki yang hadir pada saat kompetisi pahat es ini berlangsung, karya Tim Indonesia kali ini sangat indah dan luar biasa.

Dengan kemenangan Indonesia di Sapporo ini, diharapkan dapat mendongkrak pariwisata Indonesia. Hal ini mengingat jumlah pengunjung yang sangat besar di kompetisi bergengsi ini. Sebelumnya di tahun 2012, Indonesia hanya masuk ke posisi keenam. Untuk ajang internasional berikutnya Tim Indonesia telah diundang untuk mengikuti kompetisi serupa di Rusia pada tahun 2014 nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar