Jumat, 01 November 2013

10 Cara Sehat Bagi Pria



Memiliki badan sehat merupakan dambaan setiap manusia, tetapi terkadang banyak orang yang mengabaikan tentang cara hidup sehat. Menurut laporan dari Disease Control and Prevention (CD) dan lembaga-lembaga terkemuka lainnya menyatakan, terdapat beberapa penyakit yang sering terjadi pada pria.


Penyakit jantung, kanker , penyakit pernapasan kronis, stroke , diabetes tipe 2, dan bunuh diri. Hal tersebut merupakan menjadi penyebab kematian pada kaum adam. Menurut Times of India, ada 10 cara untuk menjaga keshatan fisik dan mental bagi kaum pria yang dapat dilakukan.

1.Pilih makanan sehat. makanan sehat memberikan energi sekaligus mampu mencegah dari hadirnya berbagai macam penyakit. Buah, sayuran, atau produk susu rendah lemak dapat dijadikan sebagai menu harian.

2.Menjaga berat badan. Usahakan selalu memiliki berat badan ideal untuk mecegah stroke, penyakit jantung, hipertensi, hingga diabetes. Serta tetap menerapkan gaya hidup sehat lainnya.

3.Selalu aktif menggerakkan badan. Ini bisa ditempuh dengan berolahraga atau sering beraktivitas menggunakan badan. Aktivitas fisik secara teratur akan memberikan kebugaran dan manfaat kesehatan lainnya.

4.Jauhi rokok. Rokok memiliki banyak kerugian terutama bagi kesehatan seperti menimbulkan penyakit paru-paru, kanker, stroke, hingga kemandulan. Dan hindari untuk menjadi perokok pasif atau perokok ketiga.

5.Lakukan skrining kesehatan secara teratur. Pengecekan kesehatan seperti tes kolesterol, kanker, hipertensi, infeksi seksual, dan sebagainya bisa menjadi langkah untuk mencegah hadirnya penyakit dalam tubuh. Sehingga, dapat melakukan pengobatan lebih dini jika ditemukan kelainan dalam tubuh.

6.Hindari minum alkohol. Minuman ini memicu hipertensi, depresi, kecelakaan lalu lintas, kanker, impotensi, dan sebagainya.

7.Kelola tingkat stres. Ketika mengalami stres, usahakan bisa mencari cara untuk melakukan relaksasi. Stres cukup buruk dalam mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

8.Cukup waktu untuk tidur malam. Kurang tidur menyebabkan masalah pada mood dan fisik. Tubuh lebih mudah mengalami peradangan ketika sesorang kurang tidur. Selain itu, jika menemui masalah tentang jam tidur malam, sebaiknya segera hubungi dokter. Misalnya sleep apnea, mendengkur parah, dan sebagainya.

9.Memahami risiko kesehatan yang mungkin terjadi. Contohnya, bila dalam keluarga kandun ada yang memiliki riwayat medis diabetes, jantung atau kangker maka ada kemungkinan penyakit tersebut bisa menurun . Terhadap risiko tersebut, dapat dilakukan pencegahan secara ketat berbagai hal yang bisa memicu munculnya penyakit tersebut.

10.Lakukan segala sesuatu dengan memperhatikan faktor keaman. Misalnya, jika sedang mengendarai mobil maka gunakan sabuk pengaman. Atau, cuci tangan secara teratur dan rawatlah gigi. Apapun yang bisa membuat kondisi aman dan nyaman dalam urusan kesehatan.(Sebagaimana dikutip Sidominews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar