Jumat, 23 Agustus 2013

Kelinci New Zealand




New Zealand White
New Zealand Black

 Jenis kelinci ini sangat mudah di temukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Petani biasanya menyebut mereka dengan "truwelu australi".

Kelinci ini di kenal mudah dalam perawatannya dan tidak terlalu rewel soal makan. Hanya saja, karena bobotnya yang rata" mencapai 4,5 - 5,5kg, cukup banyak menyita pakan.

 New Zealand bisa beranak banyak, antara 8 - 12 ekor anak setiap dua bulan sekali. Dagingnya tebal dan bagus untuk di jadikan sebagai kelinci pedaging. Karena mudah gemuk maka ia banyak di ternakkan sebagai kelinci pedaging. Bulunya memang tidak sehalus kelinci rex , tapi tetap memiliki manfaat untuk jaket atau aksesori lainnya.

Ciri-ciri jenis kelinci new zealand ini adalah mempunyai dada penuh, badannya medium namun terlihat bundar dan gempal, kaki depan agak pendek, kepala besar dan agak bundar, telinga agak besar dan tebal dengan ujungnya yang sedikit membulat, serta bulunya sangat tebal namun halus. Warna yang diakui adalah merah, putih, hitam, dan biru. Bobot maksimal rata2 adalah 5,44 kg ( New Zealand White, Black, Blue ). Khusus untuk New Zealand Red dikelompokkan tersendiri dengan bobot rata2 3,62 kg. Lama hidup dapat mencapai 10 th bila dirawat dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar